Minggu, 12 Oktober 2014

KOMPONEN –KOMPONEN YANG ADA DALAM KOMPUTER



KOMPONEN –KOMPONEN YANG ADA DALAM KOMPUTER

1. Motherboard adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA).
Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi.
           

2.  Keyboard adalah: perangkat yang berisikan tombol-tombol mesin ketik ,keyboard di gunakan untuk memasukkan karakter pada program computer.
     Fungsinya : untuk menjalankan berbagai instruksi atau perintah kedalam computer.


3.  ram adalah : memory tempan penyimpanan sementara pada sat computer dijlankan dan dapat diakses secara acak atau random.
Fungsinya: mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah komputer.



4. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari computer.
Fungsi processor dalam sebuah komputer mempunyai fungsi yang sangat penting, karena komponen kecil ini menentukan kecepatan performa dari sebuah computer.
rocessor juga diibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer karena setiap data yang akan diproses akan selalu melewati processor untuk kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang diinginkan dari user.


5.  VGA adalah :Standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer.

Fungsi VGA adalah mengubah sinyal digital pada komputer menjadi tampilan grafik dilayar monitor. Sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya.
6.  monitor adalah suatu alat yang digunakan sebagai output data tampilan grafis pada komputer tersebut. maka dari itu monitor juga sering di sebut sebagai layar tampilan komputer.
     fungsinya : Sebagai Output dari memori komputer atau central processing unit berupa bine. Fungsi lainnya dari monitor adalah menampilkan data-data berupa grafis tampilan dari prosesor untuk ditampilkan agar pengguna bisa melihat apa yang sedang dioperasikannya.


7.  Power Supply sendiri memiliki fungsi yang digunakan untuk mengubah teggangan listrik yang berasal dari AC ( Alternating Current ) Menjadi Tegangan DC ( Direct Current ),  hal ini dikarenakan seluruh hardware komputer hanya bisa beroperasi dengan arus DC. Besar nya suatu listrik yang dapat ditangani oleh power supply dapat ditentukan oleh dayanya serta dihitung dalam satuan watt.


8.  Harddis adalah : sebuah komponen perangkat keras  yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.



9.  Kartu jaringan (network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah :  sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.


10.Sound Card berfungsi : Mengolah data berupa audio atau suara, Sebagai penghubung output audio ke speaker, Sebagai penghubung input suara ke computer melalui mikrofon dan  gunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.







1 komentar: